Anggota Komisi VIII DPR RI Sambangi Kantor Kemenag Depok

By lan stiawan Jumat,01 Des 2023, 20:53:19 WIB | 204 Kali Dilihat Penyelenggara Haji dan Umrah
Anggota Komisi VIII DPR RI Sambangi Kantor Kemenag Depok

Sukmajaya (HUMAS Depok),_ Kunjungan kerja spesifik anggota Komisi VIII DPR RI ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok disambut oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Depok, H. Enjat Mujiat beserta jajarannya. Hadir pula Direktur Haji Khusus dan Umroh Kementerian Agama RI, H. Nur Arifin serta Kabbag TU Kanwil Kemenag Provinsi jawa Barat, H Ali Abdul Latif dan pejabat eselon I/II BPKH, jumat (01/12/2023) di aula Kemenag Depok.

Menurut Wakil ketua Komisi VIII DPR RI. Diah Pitaloka dari Fraksi PDIP, bahwa kunjungan ini bersifat spesifik, yaitu terkait dengan ibadah haji.

“Kunjungan kami ke Kantor Kementerian Agama Kota Depok adalah terkait dengan haji, apa-apa yang bisa kita perhatikan dan apa yang menjadi kendala sehingga kita bisa memberikan masukan ke Kementerian Agama,” ungkapnya.

Baca Lainnya :

Dijelaskan oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Depok, H. Enjat Mujiat, bahwa jajarannya terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan haji dengan menyiapkan petugas haji yang handal dan, bekerja sama dengan berbagai pihak untuk dapat menyampaikan informasi dan melakukan sosialisasi terkait dengan kebijakan dan regulasi pemerintah.

“Kami terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan haji dengan cara menyiapkan petugas haji yang handal dan menggandeng para penyuluh Agama untuk dapat menyampaikan informasi dan melakukan sosialisasi terkait dengan kebijakan dan regulasi pemerintah. Dengan Kantor Imigrasi untuk pembuatan paspor kolektif yang saat ini sudah diadakan 2 kali, dengan Dinas Kesehatan untuk memberikan edukasi dan bekal kesiapan dan kesehatan kepada para calon jemaah haji (Calhaj) yang akan berangkat, dengan KBIHU untuk pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun agar para Calhaj mampu mandiri dalam beribadah dan tahu tentang syarat, rukun dan wajib ibadah haji serta dengan pemerintah daerah terkait dengan fasilitas juga dengan berbagai pihak terkait lainnya,” demikian dijelaskan oleh H. Enjat.

Adapun yang menjadi kendala menurut H. Enjat, yaitu ada jemaah haji yang sudah berhak melunasi namun tidak dapat dihubungi karena sebab sudah pindah alamat dan tidak terdeteksi lagi keberadaannya atau diistilahkan dengan porsi batu. Selain itu karena suaminya meninggal, dan jemaah tersebut membatalkan hajinya. Terkait hal tersebut dari Kantor kemenag Kota Depok sudah menurunkan tim untuk terjun langsung  menelusurinya.

“Ada istilah jemaah batu, jadi porsinya ada tetapi dia tidak berangkat-berangkat, tidak ada kabar, dihubungi kelokasinya tidak ada sehingga menyebabkan antrian dibawahnya tidak bergerak, kami sudah menurunkan tim untuk melakukan survey ke orang-orang tersebut dan memang tidak dapat dihubungi karena sudah pindah alamat dan tidak terdeteksi lagi keberadaannya, Selain itu ada yang karena suaminya meninggal kemudian jemaah tersebut membatalkan hajinya,” tuturnya.

Terkait dengan bio visa, H. Enjat menyampaikan, bahwa karena aplikasi tersebut harus menggunakan handpone yang canggih maka hal ini juga menjadi kendala karena rata-rata para petugasnya tidak memiliki handpone tersebut.

Kunjungan ke Kantor Kemenag Depok dihadiri oleh 8 orang anggota Komisi VIII DPR RI yang juga menyoroti terkait dengan penetapan dan penambahan kuota, kesiapan penyelenggaraan haji, kapasitas Calhaj yang akan melunasi biaya haji, pelayanan penerbangan dan kepada lansia serta dinamika lainnya serta mengenai haji furoda dan haji khusus. (Lan Stiawan)




View all comments

Tulis Komentar


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.